MASJID AGUNG BANGIL

Selasa, 12 Oktober 2010

KEHIDUPAN PARA SAHABAT

3 Dzulqo’dah 1431 H Pengasuh : Ust. HM. Nur Cholis Musytari
12 Oktober 2010 M

1) Allah SWT berfirman : “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhoan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus diatas pokoknya, tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir(dengan kekuatan orang-orang mu’min). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh diantara mereka ampunan dan pahala yang besar.” (AL Fath – ayat 29)

2. Allah memberitahu kepada Nabi Muhammad SAW bahwasanya beliau adalah utusan Allah, dengan benar tanpa ada keraguan.

3. (dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka) sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surat Al Maidah ayat 54 “Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah Lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir.”

4. Inilah sifat orang mukmin yang mana satu diantara mereka adalah sangat keras dan kejam terhadap orang-orang kafir. Mereka saling kasih sayang, saling berbuat baik dengan sesama orang mukmin yang lain. Mereka sangat murka dan bermuka masam dalam menghadapi orang-orang kafir. Mereka murah senyum kepada saudaranya sesama orang-orang mukmin.

5. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Perumpamaan orang-orang sesama mukmin dalam kasih sayang itu seperti anggota tubuh yang satu, apabila salah satu anggota tubuh dari mereka mengeluh maka tubuh yang lainnya ikut meresakan sakit panas dan tidak bisa tidur.

6. Nabi Muhammad ASW bersabda : “Perumpamaan bagi mukmin yang lainnya seperti bangunan yang saling menguatkan satu diantara lainnya.”

7. Allah SWT berfirman : “{Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya} yaitu anak tumbuh-tumbuhan), maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat {lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus diatas pokoknya, tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya} yaitu demikianlah para Sahabat Rasulullah SAW mereka menolong, membantu Nabi Muhammad SAW, maka mereka berserta Nabi seperti anak-anak tumbuhan besarta tumbuhannya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu’min).”

8. Dari ayat ini Imam Malik ra, menetapkan bahwa orang-orang Rofidhoh adalah kafir yang mana mereka selalu membenci para sahabat Nabi SAW. Imam Malik berkata “karena sesungguhnya orang-orang Rofidhoh selalu membenci para sahabat Nabi, dan barangsiapa yang membenci sahabat Nabi maka dia kafir dengan ayat tersebut.”
(Tafsir Ibnu Katsir juz 4 hal. 205)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MASJID AGUNG BANGIL

MASJID AGUNG BANGIL MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA SEMUA KALANGAN AHLU SUNNAH WAL JAMA'AH