MASJID AGUNG BANGIL

Selasa, 11 Januari 2011

29 Muharrom 1432 H Pengasuh : Ust. HM. Nur Cholis Musytari
4 Januari 2011 M



“KEHIDUPAN NABI SAW DAN
PARA SAHABATNYA RA.”

1) Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

2) Allah SWT berfirman : “Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, maaka tinggalkanlah.”

Dari Anas RA berkata bahwasanya Rasulullah SAW berkata kepadaku, “Wahai anakku! Seandainya engkau mampu dikala pagi hari dan dikala sore hari, dalam hatimu tidak ada perasaan dengki atau iri kepada seseorang maka lakukanlah.” Kemudian Nabi SAW berkata, “Wahai anakku! Hal seperti ini merupakan salah satu dari pada sunnah ku dan sunnahnya orang-orang yang mencintai sunnah ku, sungguh dia mencintai aku dan mencintai orang yang mencintai aku, maka kelak dia akan bersama ku di dalam surga.”(Kitab Hayatus Sohabah – juz 1, hal. 6 – 7)

3) Abu Hurairoh meriwayatkan bahwasanya Abu Bakar As Shiddiq dan Ali pada suatu hari datang ke Rumah Rasulullah SAW, maka Ali ra berkata kepada Abu Bakar ra, “Silakan (masuk) dahulu! dan jadilah engkau orang yang pertama kali mengetuk pintu.”Ali ra terus menerus mendesak kepada Abu Bakar ra, maka Abu Bakar ra berkata, “Silakan engkau hai Ali ra terlebih dahulu!.”Kemudian Ali ra berkata, “Tidaklah aku (pantas) sebagai orang yang mendahului atas seseorang yang aku mendengar Rasulullah SAW bersabda pada hak dirinya, “Tidaklah terbit matahari dan tidak lah terbenam setelah aku wafat atas seseorang yang mana dia itu lebih utama dari pada Abu Bakar As-Shiddiq ra.”Abu Bakar ra pun berkata, “Tidak ada hak bagi kami sebagai orang yang mendahului atas seseorang yang mana Rasulullah SAW bersabda pada hak dirinya, “Aku diberi sebaik-baik wanita untuk sebaik-baik laki-laki.” Ali ra pun membalas berkata, “Aku tidak akan mendahului atas seseorang yang mana Rasulullah SAW bersabda pada hak dirinya “Barangsiapa ingin melihat ke dalam hati Nabi Ibrahim as maka hendaklah dia melihat hati Abu Bakar As-Shiddiq ra.” (Nurul Abshor, hal. 9)

1 komentar:

MASJID AGUNG BANGIL

MASJID AGUNG BANGIL MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA SEMUA KALANGAN AHLU SUNNAH WAL JAMA'AH