MASJID AGUNG BANGIL

Selasa, 13 April 2010

28 Robiul Tsani 1431 H Pengasuh : Ust. HM. Nur Cholis Musytari
13 April 2010 M



“SYAIDINA USTMAN BIN AFFAN RA.”



1) Kedermawanan Utsman bin Affan ra.
Utsman ra. Adalah orang yang ringan tangan di dalam membantu mempersiapan perang Jaisya Usroh, beliau menyediakan 850 unta dan ditambah dengan 1050 kuda, beliau menyalurkan dalam peperangan tersebut uang 10.000 dinnar untuk membiayayai perang. Sehingga Nabi SAW bersabda : “Tidak akan membahayakan kepada Utsman ra apa-apa yang di kerjakan setelah hari ini.” Nabi SAW bersabda : “Barangsiapa mempersiapkan perang Jaisya Usro maka baginya pahala surga.”

2) Utsman ra membeli sebuah sumur yang bernama “Ruumah” dengan harga 35 ribu dirham dan mendermakannya kepada orang-orang muslim. Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa menggali sumur Ruumah, maka pahala baginya adalah surga.”

3) Diriwayatkan bahwasanya tidak akan datang hari Jum’at kecuali beliau memerdekakan budak sejak beliau memeluk agama Islam, kecuali beliau tidak mendapatkan Jum’at tersebut, maka beliau mengumpulkan Jum’at tersebut dengan Jum’at yang kedua (dalam hal membebaskan budak).

4) Ibnu Abbas pernah tidur pada suatu malam, maka beliau bermimpi bertemu Rasulullah SAW, kemudian beliau berkata kepada Nabi SAW “Wahai Rasulullah betapa lamanya rasa rinduku kepadamu”, Nabi SAW bersabda “Sesungguhnya aku ini orang yang terburu-buru karena sesungguhnya Utsman telah mendermakan 1000 kendaraan dan Allah SWT telah menerima sedekah tersebut dari Utsman. Allah SWT menikahkan Utsman ra berkat sedekah tersebut pada pelaminan di dalam surga, dan aku sekarang sedang pergi ke tempat pernikahan Utsman ra.”
(Al Khulafaur Rosyidin hal. 152 – 153)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MASJID AGUNG BANGIL

MASJID AGUNG BANGIL MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA SEMUA KALANGAN AHLU SUNNAH WAL JAMA'AH