MASJID AGUNG BANGIL

Rabu, 24 Februari 2010

UMAR BIN KHOTTOB MASUK ISLAM

9 Robiul Awwal 1431 H Pengasuh : Ust. HM. Nur Cholis Musytari
23 Februari 2010 M


“UMAR BIN KHOTTOB RA. MASUK ISLAM”


1. Umar ra berkata : “beritahukan saya tempat Muhammad, sehingga saya bisa menemui beliau dan saya akan masuk Islam.” Maka orang itu mengantar Umar untuk menemui Rasulullah SAW, waktu itu beliau sedang berada dirumah Arqom bin Abi Arqom dengan para sahabatnya. Maka Umar segera berangkat sambil membawa pedang dipinggangnya, kemudian Umar menuju ke tempat Rasulullah dan para sahabatnya, lalu Umar mengetuk pintu. Ketika para sahabat mendengar suara Umar berdirilah seorang laki-laki diantara para sahabat Rasulullah SAW dan melihat dari lubang pintu, maka sahabat tersebut melihat Umar sambil membawa pedang dipinggangnya. Sahabat tersebut segera menemui Rasulullah dalam keadaan gelisah, kemudian berkata kepada Rasulullah “sekarang Umar datang sambil membawa pedang dipinggangnya!”, Maka Syaidina Hamzah berkata “Biarkan dia masuk, seandainya dia datang dengan tujuan baik, kami akan membalas dengan baik, kalau dia bertujuan jahat, maka kami akan membunuh dengan pedangnya!” Rasulullah SAW berkata, “Berilah ijin dia untuk masuk”, kemudian salah seorang sahabat memberi ijin untuk masuk dan Rasulullah berdiri untuk menemui Umar disalah satu kamar. Kemudian Rasulullah memegang surban Umar seraya berkata “Wahai putra Khottob apa perlu mu datang kesini ? Demi Allah, Aku tidak pernah melihat kedatanganmu sehingga Allah memberi kegelisahan karena kedatangamu!”.

2. Syaidina Umar ra berkata “Wahai Rasulullah aku datang kepadamu untuk mengatakan beriman kepada Allah dan Rasul – Nya dan sekaligus dengan apa yang datang dari Allah (wahyu)” maka Rasulullah mengucapkan takbir satu kali. Akhirnya para sahabat yang berada dirumah Arqom bin Abi Arqom mengetahui bahwa Syaidina Umar ra. telah masuk Islam, kemudian para sahabat mengucapkan takbir sehingga suara takbir para sahabat tersebut terdengar disepanjang jalan kota Mekkah.

3. Ketika orang Qurais mengetahui bahwa Umar telah masuk Islam, mereka berkata “Diantara golongan kami telah menyadari tentang kebenaran Islam” kemudian para sahabat Rasulullah keluar dari tempat tinggal mereka dan para sahabat merasa menjadi orang mulia dan kuat ketika Umar ra. dan Hamzah masuk Islam. Sedangkan orang Qurais mengetahui sesungguhnya Umar ra dan Hamzah ra akan membela Rasulullah SAW dan para sahabat merasa tenang dengan pembelaan mereka berdua dari musuh-musuh sahabat. (Adhomatul Rasul SAW hal. 146 – 147)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MASJID AGUNG BANGIL

MASJID AGUNG BANGIL MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA SEMUA KALANGAN AHLU SUNNAH WAL JAMA'AH